Rabu, 11 April 2018

CONTOH RPP K13 KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA 7 PAI

7.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
TEMA : Ayo Belajar al-Qur’an

Nama Sekolah                      :    SDN 2 NGARES
Kelas / Semester                   :    1 (satu) / 2 (gasal)
Materi Pokok                        :    Lafal Q.S. Al-Ikhlās (1)
Alokasi waktu                       :  …… JTM    (…. X 35 Menit)
Tanggal                                 :    _____________________
                                                           
A.            KOMPETENSI INTI
KI-1     : Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2     : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3     : Memahami pengetahuan faktual tdengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4     : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.           KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi Dasar
Indikator
1.2 Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
2.2 Menunjukkan sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Fātihah dan Q.S. al-Ikhlās.
4.2.1 Melafalkan Q.S. al-Fātihah dan Q.S. al-Ikhlās dengan benar dan jelas.
1.2.1 Terbiasa membaca al-Qur’an.
2.2.1 Menunjukkan sikap peduli.
4.2.2.1 Melafalkan Q.S al-Ikhlās ayat 1-2.
4.2.2.2 Melafalkan pelafalan Q.S. al-Ikhlās ayat 1-3.

C.      MATERI PEMBELAJARAN

Dengarkan dan tirukan gurumu ketika melafalkan

ö@è% uqèd ª!$# îymr& ÇÊÈ   ª!$# ßyJ¢Á9$# ÇËÈ   öNs9 ô$Î#tƒ öNs9ur ôs9qムÇÌÈ   öNs9ur `ä3tƒ ¼ã&©! #·qàÿà2 7ymr& ÇÍÈ  

D.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
þ   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
þ   Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
þ   Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
þ   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
þ   Guru dapat memanfatkan media/alat peraga/ alat bantu bisa berupa tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan Pembelajaran 8 mudah dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang dilafalkan dan bentuk tulisannya, walaupun sebagian besar peserta didik kelas 1 belum bisa membaca tulisan al-Qur’an), atau bisa juga menggunakan media audio (ICT) atau media lainnya.
10 menit
Inti
Langkah pertama:
Proses melafalkan dengan langkah berikut ini:
Sebelum melafalkan surah Al-Ikhlas, guru membimbing peserta didik menyanyikan lagu “Baca al- Qur’an”.
þ   Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 1 s.d. 2 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
þ   Peserta didik laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara bergantian 1-2 kali).
þ   Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 3 s.d. 4 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
þ   Ikuti butir 2 sebelumnya.
þ   Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan suara jelas, ayat 1 s.d. 4 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
þ   Peserta didik laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara bergantian 1-2 kali). Apabila belum bisa melafalkan dengan lancar, dapat diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d. 6. Apabila sudah banyak yang melafalkan secara individual, peserta didik mendemonstrasikan pelafalannya).
þ   Guru menjelaskan bahwa peserta didik secara mandiri dapat melafalkan sendiri (kolom “sikapku”).
þ   Peserta didik secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk melafalkan surah Al-Ikhlas secara bergantian (kolom “ayo kerjakan”).
150 menit
Penutup
þ   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
þ   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
þ   Melakukan penilaian hasil belajar
þ   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
15 menit

E.            Jenis/teknik penilaian

Sikap: Observasi
Pengetahuan: Tes tulis dan lisan
Ketrampilan: Kinerja

F.             MEDIA , ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
a.       Media            : Gambar/ Poster
b.      Alat                : Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
Sumber                : Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls 4 SD ,dan  Juz ‘ammah

Mengetahui,
Kepala Sekolah



WARDJITO, S.Pd
NIP. 196412181985041002

trenggalek, .....................2016 / 2017
Guru  PAI



ROKHIMI, S.Pd.I
NIP. 19591230198732011













LAMPIRAN –LAMPIRAN

1.        Materi pertemuan

Dengarkan dan tirukan gurumu ketika melafalkan

ö@è% uqèd ª!$# îymr& ÇÊÈ   ª!$# ßyJ¢Á9$# ÇËÈ   öNs9 ô$Î#tƒ öNs9ur ôs9qムÇÌÈ   öNs9ur `ä3tƒ ¼ã&©! #·qàÿà2 7ymr& ÇÍÈ  


2.        Istrumen penilaian

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu melafalkan Q.S. al-Ikhlās.



*Catatan kriteria :
1. Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās dengan lancar dan tartil.
2. Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al- Ikhlās dengan lancar dan tartil, tapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al- Ikhlās dengan lancar dan tartil, tapi masih ada kesalahan kurang dari 5.
4. Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās dengan kurang lancar.
5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās.





Latihan



PENGAYAAN


Rubrik penilaian
No.
Aspek
*Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan





Catatan :
*4        = Sangat Baik
*3        = Baik
*2        = Sedang
*1        = Kurang baik

Rentang Skor   =  Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16-4
= 12/4
= 3

MK      = 14-16
MB      = 11-13
MT       = 7-10
BT       = 4-6

Keterangan:
BT          : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT         : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB         : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK        : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).

Lembar Pengamatan


no
nama
KRETERIA
Sangat Lancar
Lancar
Cukup Lancar
Kurang Lancar
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





21





22








Keterangan:

*Catatan kriteria :
1. Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās dengan lancar dan tartil.
2. Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al- Ikhlās dengan lancar dan tartil, tapi masih ada kesalahan kurang dari 2.
3. Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al- Ikhlās dengan lancar dan tartil, tapi masih ada kesalahan kurang dari 5.
4. Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās dengan kurang lancar.
5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEUTAMAAN BISMILLAHIRROHMANIRROHIM

  Kekhususan bismillahirrohmanirrohim Sebagian dari kekhususan bismillah seperti perkataan sebagian ulama’ bilamana bismillah di tulis di ...