7.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
TEMA : Ayo Belajar al-Qur’an
Nama Sekolah : SDN 2
NGARES
Kelas / Semester : 1 (satu) / 2 (gasal)
Materi Pokok : Lafal Q.S.
Al-Ikhlās (1)
Alokasi waktu : …… JTM
(…. X 35 Menit)
Tanggal :
_____________________
A.
KOMPETENSI INTI
KI-1 : Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3 : Memahami
pengetahuan faktual tdengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 :
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.2
Terbiasa membaca al-Qur’an
dengan tartil.
2.2
Menunjukkan sikap kasih sayang dan peduli kepada sesama sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. al-Fātihah dan Q.S. al-Ikhlās.
4.2.1
Melafalkan Q.S. al-Fātihah dan Q.S. al-Ikhlās dengan
benar dan jelas.
|
1.2.1
Terbiasa membaca al-Qur’an.
2.2.1
Menunjukkan sikap peduli.
4.2.2.1
Melafalkan Q.S al-Ikhlās ayat
1-2.
4.2.2.2
Melafalkan pelafalan Q.S.
al-Ikhlās ayat 1-3.
|
C.
MATERI PEMBELAJARAN
Dengarkan dan tirukan
gurumu ketika melafalkan
ö@è% uqèd ª!$# îymr& ÇÊÈ ª!$# ßyJ¢Á9$# ÇËÈ öNs9 ô$Î#t öNs9ur ôs9qã ÇÌÈ öNs9ur `ä3t ¼ã&©! #·qàÿà2 7ymr& ÇÍÈ
D.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
þ
Guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama.
þ
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
þ
Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan peserta didik.
þ
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
þ
Guru dapat memanfatkan media/alat peraga/ alat bantu bisa berupa tulisan
manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan Pembelajaran 8
mudah dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang dilafalkan dan
bentuk tulisannya, walaupun sebagian besar peserta didik kelas 1 belum bisa
membaca tulisan al-Qur’an), atau bisa juga menggunakan media audio (ICT) atau
media lainnya.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah
pertama:
Proses
melafalkan dengan langkah berikut ini:
Sebelum
melafalkan surah Al-Ikhlas, guru
membimbing peserta didik menyanyikan lagu “Baca al- Qur’an”.
þ
Guru
melafalkan surah Al-Ikhlas dengan suara jelas
ayat 1 s.d. 2 diikuti seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
þ
Peserta didik
laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara
bergantian 1-2 kali).
þ
Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan suara jelas ayat 3 s.d. 4 diikuti seluruh
peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
þ
Ikuti butir 2
sebelumnya.
þ
Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan suara jelas, ayat 1 s.d. 4 diikuti
seluruh peserta didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
þ
Peserta didik
laki-laki dan perempuan atau berdasarkan tempat duduk (melakukan secara
bergantian 1-2 kali). Apabila belum bisa melafalkan dengan lancar, dapat
diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d. 6. Apabila
sudah banyak yang melafalkan secara individual, peserta didik
mendemonstrasikan pelafalannya).
þ
Guru menjelaskan
bahwa peserta didik secara mandiri dapat melafalkan sendiri (kolom
“sikapku”).
þ
Peserta didik
secara berpasangan (dengan teman sebangku) untuk melafalkan surah Al-Ikhlas secara bergantian (kolom “ayo kerjakan”).
|
150 menit
|
Penutup
|
þ
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
þ
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui
hasil ketercapaian materi)
þ
Melakukan
penilaian hasil belajar
þ
Membaca
do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin)
|
15 menit
|
E.
Jenis/teknik
penilaian
Sikap: Observasi
Pengetahuan: Tes tulis dan lisan
Ketrampilan: Kinerja
F.
MEDIA ,
ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
a.
Media : Gambar/ Poster
b.
Alat : Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video
Sumber : Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls 4 SD ,dan Juz ‘ammah
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
WARDJITO, S.Pd
NIP. 196412181985041002
|
|
trenggalek,
.....................2016
/ 2017
Guru PAI
ROKHIMI, S.Pd.I
NIP. 19591230198732011
|
LAMPIRAN
–LAMPIRAN
1.
Materi
pertemuan
Dengarkan dan tirukan
gurumu ketika melafalkan
ö@è% uqèd ª!$# îymr& ÇÊÈ ª!$# ßyJ¢Á9$# ÇËÈ öNs9 ô$Î#t öNs9ur ôs9qã ÇÌÈ öNs9ur `ä3t ¼ã&©! #·qàÿà2 7ymr& ÇÍÈ
2.
Istrumen
penilaian
Guru
melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan individu melafalkan Q.S. al-Ikhlās.
*Catatan
kriteria :
1.
Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās dengan lancar
dan tartil.
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.
al- Ikhlās dengan lancar dan tartil, tapi masih ada
kesalahan kurang dari 2.
3.
Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.
al- Ikhlās dengan lancar dan tartil, tapi masih ada
kesalahan kurang dari 5.
4.
Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās dengan kurang
lancar.
5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak
dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās.
Latihan
PENGAYAAN
Rubrik penilaian
No.
|
Aspek
|
*Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
2
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
3
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
4
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan
:
*4 = Sangat Baik
*3 = Baik
*2 = Sedang
*1 = Kurang baik
|
Rentang
Skor =
Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16-4
= 12/4
= 3
|
MK = 14-16
MB = 11-13
MT = 7-10
BT = 4-6
Keterangan:
BT : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan
tandatanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan
adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten).
MB : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah
memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan
mulai konsisten).
MK : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).
Lembar Pengamatan
no
|
nama
|
KRETERIA
|
|||
Sangat Lancar
|
Lancar
|
Cukup Lancar
|
Kurang Lancar
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
*Catatan
kriteria :
1.
Sangat lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās dengan lancar
dan tartil.
2.
Lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.
al- Ikhlās dengan lancar dan tartil, tapi masih ada
kesalahan kurang dari 2.
3.
Sedang : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S.
al- Ikhlās dengan lancar dan tartil, tapi masih ada
kesalahan kurang dari 5.
4.
Kurang lancar : Apabila peserta didik dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās dengan kurang
lancar.
5. Tidak lancar : Apabila peserta didik tidak
dapat melafalkan Q.S. al-Ikhlās.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar